Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Raket

DUA SYARAT DIBERKATI

Keluaran 20:22-26; 1 Yohanes 5:21

“Kaubuatlah bagi-Ku mezbah dari tanah dan persembahkanlah di atasnya korban bakaranmu dan korban keselamatanmu, kambing dombamu dan lembu sapimu. Pada setiap tempat yang Kutentukan menjadi tempat peringatan bagi nama-Ku, Aku akan datang kepadamu dan memberkati engkau” (Keluaran 20:24).

        Saya tidak percaya kalau berkat itu datang secara kebetulan, seperti mendapatkan lotere. Apabila saya menyebut “berkat”, janganlah selalu dikonotasikan dengan uang atau harta. Berkat Allah itu jauh lebih berharga dari sekedar berkat materi belaka. Berkat itu datang karena ada hal-hal atau syarat-syarat tertentu yang kita lakukan. Nah, dalam pembacaan hari ini kita akan melihat syarat-syarat itu, sebab pada Keluaran 20 ayat 24 tersebut di atas Allah katakan, “…..Aku akan datang kepadamu dan memberkati engkau.”
        Ada dua hal yang harus dilakukan supaya Anda diberkati:

        Pertama, menempatkan Allah melebihi segalanya. Pada ayat 23 dikatakan, “Janganlah kamu membuat di samping-Ku allah perak, juga Allah emas janganlah kamu buat bagimu.” Hanya Tuhan satu-satunya Allah yang berkuasa dan tidak ada yang lain. Begitu pentingnya perintah ini, sampai-sampai ia didaftarkan pada urutan teratas pada 10 Perintah Allah. Segala sesuatu yang disembah, disanjung, dan dipuja adalah Allah. Berhala kayu atau batu dalam bentuk patung pastilah tidak menggoda orang Kristen untuk menyembahnya. Tetapi ada oknum atau pribadi yang dapat menjadi berhala. Anda bisa saja secara tidak sadar menjadikan karir Anda sebagai berhala. Ketika seluruh hati dan pikiran Anda menggeser kedudukan Allah dalam hidup Anda, itu bisa jadi Anda sedang menyembah karir Anda. Atau bisa saja Anda terlalu mengidolakan istri atau suami Anda melebihi Allah. Yohanes berkata, “Anak-anakku, waspadalah terhadap segala berhala (1 Yohanes 5:21).
        Kedua, buatlah mezbah dan lakukanlah korban bakaran. Korban bakaran berbicara mengenai penyembahan. Dalam struktur Bait Allah dan tata caranya, harus selalu ada asap yang mengepul dari bakaran. Begitu juga seharusnya dalam hidup kita. Setiap hari dan setiap saat wajiblah kita menaikkan penyembahan kepada Allah yang hidup. Anda bisa mendirikan mezbah dengan melakukan persekutuan dengan keluarga Anda dan menyembah Allah. Inilah yang menjadi kekurangan keluarga-keluarga modern. Kita terlalu sibuk dengan segala macam urusan sampai-sampai mezbah keluarga tidak dilakukan lagi. Pikirkanlah, kalau hidup Anda mau diberkati persembahkan korban kepada Allah.

Renungan:
        Berkat itu datang karena Anda sendiri. Memang Allah yang memberkati, namun kalau Anda tidak melakukan syarat-syarat khusus Anda tidak akan bisa diberkati. Jadi lakukanlah sekarang dan terimalah berkat Allah.

Ada dua jenis orang Kristen: yang mengejar berkat dan yang dikejar berkat.


BACA JUGA RENUNGAN LAINNYA:

BERHENTI KHAWATIR!
RAHASIA DOA
RAHASIA DOA (2)
3 SEBAB PENDERITAAN
4 POIN PERENUNGAN
ALLAH KEKUATAN KITA
ALLAH YANG PENUH PERHATIAN
ALLAH YANG TAK TERTANDINGI
ANDA PUNYA PEMBELA
BELAJAR DARI KETEKUNAN AYUB
BERSUKACITA DI TENGAH MASALAH
BERTARUNGLAH SAMPAI MENANG
DOA YANG PEDULI ORANG LAIN
FUNGSI SYAFAAT
DUA SYARAT DIBERKATI
FIRMAN + IMAN = MUKJIZAT
GUNUNG BATU KITA
INDAHNYA RENCANA ALLAH
JADILAH TENANG DAN BERDOALAH!
JANGAN BATASI KUASA ALLAH!
KRISTUS ADALAH JAWABAN
LIDAH ANDA MEMPUNYAI KEKUATAN
TUHAN DAPAT MEMAKAI ANDA
RITUAL DOA
TAKDIR DIBERKATI
BERDOA DAN BERNYANYI
DOA YANG TERHALANG
IBLIS KEOK, COY!
KARENA DARAHNYA
TIDAK KHAWATIR

Post a Comment for "DUA SYARAT DIBERKATI"