Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Raket

3 SEBAB PENDERITAAN

1 Petrus 4:12-14; Yesaya 48:10

“Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu” (1 Petrus 4:12).

        Ada 3 sebab mengapa kita menderita:

        Pertama, kita menderita karena berbuat salah. Pada ayat sebelumnya Petrus berkata, “Sebab lebih baik menderita karena berbuat baik, jika hal itu dikehendaki Allah, dari pada menderita karena berbuat jahat” (1 Pet. 3:17). Jelas sekali apabila Anda mencuri lalu digebukin, maka Anda akan mendapatkan penderitaan (1 Pet. 4:15). Saya pikir contoh ini begitu mudah kita pahami.
        Kedua, kita menderita karena berbuat benar. Seperti pada 1 Pet. 3:17 di atas, perbuatan baik dapat menyebabkan seseorang menderita. Contohnya Yusuf. Saat ia diajak berhubungan badan dengan istri Potifar, Yusuf dengan tegas menolak (Kej. 39:12). Apakah dengan melakukan kebenaran ini tidak ada reaksi yang bakal dia terima? Oh tidak! Sebab istri Potifar yang terlanjur malu sebab keinginannya ditolak mentah-mentah oleh Yusuf melaporkan hal-hal yang tidak benar kepada suaminya. Tak ayal lagi Yusuf harus menerima perlakuan tidak adil. Ia dijebloskan ke dalam penjara. Sebuah penderitaan sebagai akibat dari perbuatan benarnya. Contoh lainnya adalah Sadrakh, Mesakh, dan Abednego. Menolak menyembah patung bikinan Nebukadnezar itu sudah benar, namun toh ia harus menderita dengan dilemparkannya ke dalam perapian. Tetapi Allah melepaskan mereka (Dan. 3).
        Ketiga, kita menderita karena sebab yang tidak diketahui. Kalau Anda sering menganalisa musibah yang menimpa Anda lalu Anda tidak menemukan penyebabnya, maka itu berarti Anda sedang mengalami penderitaan tanpa ada sebabnya. Seperti Ayub yang tidak mengerti mengapa musibah menimpa dirinya? Sebenarnya Allah mengizinkan kita menerima penderitaan sebagai alat bagi Allah untuk menjadikan kita lebih dewasa di dalam Dia. Bahkan Alkitab berkata bahwa Allah menguji kita di dalam dapur api kesengsaraan (Yes. 48:10). Kalau memang Tuhan izinkan kita melewati penderitaan, itu berarti kita tidak dapat menghindarinya. Sia-sia juga Anda berdoa, “Tuhan bebaskan aku dari penderitaan ini.” Yang bisa Anda ucapkan kepada Tuhan adalah, “Tuhan, berikan aku kekuatan melewati penderitaan ini dan sertai Aku, seperti janji-Mu.”

Renungan:
        Kalau Anda menderita, janganlah heran. Cobalah Anda teliti kembali penyebab dari penderitaan Anda. Kalau itu karena kesalahan, bertobatlah dan Tuhan segera akan memulihkan Anda. Apabila karena kebenaran dan sebab yang tidak Anda ketahui, bersukacitalah sebab Tuhan berjanji menyertai Anda.

Tidak ada alat yang paling ampuh untuk mendewasakan seseorang di dalam Tuhan kecuali melalui penderitaan.
       


BACA JUGA RENUNGAN LAINNYA:

BERHENTI KHAWATIR!
RAHASIA DOA
RAHASIA DOA (2)
3 SEBAB PENDERITAAN
4 POIN PERENUNGAN
ALLAH KEKUATAN KITA
ALLAH YANG PENUH PERHATIAN
ALLAH YANG TAK TERTANDINGI
ANDA PUNYA PEMBELA
BELAJAR DARI KETEKUNAN AYUB
BERSUKACITA DI TENGAH MASALAH
BERTARUNGLAH SAMPAI MENANG
DOA YANG PEDULI ORANG LAIN
FUNGSI SYAFAAT
DUA SYARAT DIBERKATI
FIRMAN + IMAN = MUKJIZAT
GUNUNG BATU KITA
INDAHNYA RENCANA ALLAH
JADILAH TENANG DAN BERDOALAH!
JANGAN BATASI KUASA ALLAH!
KRISTUS ADALAH JAWABAN
LIDAH ANDA MEMPUNYAI KEKUATAN
TUHAN DAPAT MEMAKAI ANDA
RITUAL DOA
TAKDIR DIBERKATI
BERDOA DAN BERNYANYI
DOA YANG TERHALANG
IBLIS KEOK, COY!
KARENA DARAHNYA
TIDAK KHAWATIR

Post a Comment for "3 SEBAB PENDERITAAN"