Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Raket

LIDAH ANDA MEMPUNYAI KEKUATAN

Yakobus 3:6-12; Kejadian 3:17

“Tetapi tidak seorangpun yang berkuasa menjinakkan lidah; ia adalah sesuatu yang buas, yang tak terkuasai, dan penuh racun yang mematikan” (Yakobus 3:8).

        Ada cerita menarik ketika seorang muda mendatangi Socratos, sang filosof terkenal itu supaya ia diajari berpidato. Saat anak muda itu baru diperkenalkan ia sudah nyerocos dengan perkataan-perkataan. Socrates mencari celah untuk menyela, setelah didapatkan ia berkata, “Anak muda, aku akan menarik biaya ganda.”
        “Biaya ganda? Mengapa?”

        Orang tua itu berkata, “Sebab aku harus mengajarimu 2 pelajaran. Pertama, bagaimana mengendalikan lidahmu, lalu bagaimana cara menggunakannya.”
        Bukankah kita dapat mengambil kebenaran dari cerita ini?
        Coba Anda membuka lembaran Alkitab Anda pada kita pertama. Carilah cerita menganai pertemuan antara si ular dan wanita pertama. Anda tahu bagaimana caranya ular memperdaya Hawa? Dengan lidah! Ya, si ular mengeluarkan jurus rayuan agar wanita itu tergoda dan mau makan buah larangan tersebut (Kej. 3). Dan memang terbukti bahwa wanita itu terbujuk. Lalu bagaimana Adam juga makan buah itu? Melalui rayuan juga. Memang Alkitab tidak secara eksplisit menyebutkan bahwa Hawa merayu Adam supaya ia ikut makan buah itu, tetapi saya yakin bahwa mulanya Adam menolaknya. Tetapi karena Hawa terus merayu dan mungkin sambil mengeluarkan “ancaman”, maka ia tidak kuasa menolaknya. Perhatikan ucapan Allah, “Lalu firman-Nya kepada manusia itu: "Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu” (Kej. 3:17).
        Sekali lagi perhatikan kata “perkataan” di atas. Melalui lidah juga ternyata Hawa berhasil memaksa Adam ikut berpartisipasi menyantap buah larangan itu.
        Lidah mempunyai kekuatan yang luar biasa. Tokoh-tokoh kuat dalam sejarah biasanya tunduk kepada wanita yang mendampinginya. Bacalah sejarah, maka Anda akan tahu bahwa perkataan wanita bisa mengendalikan suaminya yang terkenal kejam. Jadi lidah mempunyai pengaruh dan kekuatan. Sekarang tergantung lidah itu mau dipakai untuk hal-hal jahat ataukah baik.

Renungan:
        Camkan bahwa lidah Anda dapat menjadi berkat dan kutuk. Asuhlah lidah Anda setiap hari di dalam hadirat Tuhan dengan pujian dan penyembahan supaya lidah Anda terbentuk menjadi lidah yang membawa berkat.

Manusia perkasa adalah dia yang mampu mengendalikan lidahnya.


BACA JUGA RENUNGAN LAINNYA:

BERHENTI KHAWATIR!
RAHASIA DOA
RAHASIA DOA (2)
3 SEBAB PENDERITAAN
4 POIN PERENUNGAN
ALLAH KEKUATAN KITA
ALLAH YANG PENUH PERHATIAN
ALLAH YANG TAK TERTANDINGI
ANDA PUNYA PEMBELA
BELAJAR DARI KETEKUNAN AYUB
BERSUKACITA DI TENGAH MASALAH
BERTARUNGLAH SAMPAI MENANG
DOA YANG PEDULI ORANG LAIN
FUNGSI SYAFAAT
DUA SYARAT DIBERKATI
FIRMAN + IMAN = MUKJIZAT
GUNUNG BATU KITA
INDAHNYA RENCANA ALLAH
JADILAH TENANG DAN BERDOALAH!
JANGAN BATASI KUASA ALLAH!
KRISTUS ADALAH JAWABAN
LIDAH ANDA MEMPUNYAI KEKUATAN
TUHAN DAPAT MEMAKAI ANDA
RITUAL DOA
TAKDIR DIBERKATI
BERDOA DAN BERNYANYI
DOA YANG TERHALANG
IBLIS KEOK, COY!
KARENA DARAHNYA
TIDAK KHAWATIR

Post a Comment for "LIDAH ANDA MEMPUNYAI KEKUATAN"