Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Raket

RAHASIA DOA (2)

1 Yohanes 3:19-24; Yesaya 55:6

 “Dan apa saja yang kita minta, kita memperolehnya dari pada-Nya, karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya” (1 Yohanes 3:22).

        Kadang kita heran dengan doa-doa yang dinaikkan tetapi belum dijawab-jawab. Apakah Tuhan sudah tidak mempedulikan doa-doa kita? Kadang kita maunya minta dan minta tanpa mau memenuhi syarat. Apa syaratnya? Ayat di atas menyebutkan “karena kita menuruti perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya”. Ayat berikutnya (ayat 23) menyebutkan, “Dan inilah perintah-Nya itu: supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus, Anak-Nya, dan supaya kita saling mengasihi sesuai dengan perintah yang diberikan Kristus kepada kita.”
        Marilah kita memahami mengenai rahasia doa. Dua syarat telah disebutkan di atas: supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus dan supaya kita saling mengasihi.

        Kata “percaya” menurut “Jamieson, Fausset, and Brown Commentary”, kata “percaya” (pisteuoomen) dapat diartikan “percaya terus-menerus”. Peringatan ini diberikan agar kita setiap hari dan setiap saat percaya kepada Tuhan. Bukan sekedar percaya bahwa Dia adalah Tuhan saja, tetapi juga percaya terhadap perkataan-Nya, pribadi-Nya, dan seluruh keberadaan-Nya. Pada zaman seperti sekarang ini, mempertahankan iman bukanlah persoalan mudah. Anda-anak Tuhan banyak yang jatuh bangun karena berbagai alasan. Kalau Anda mau doa Anda dijawab, tetaplah yakin dan percaya kepada-Nya.
        Perintah berikutnya disebutkan supaya kita saling mengasihi. Anda pasti ingat kalau Yesus memberikan dua perintah penting dan ini merupakan rangkuman dari seluruh hukum Allah: kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu dan kasihilah sesama. Kalau Anda hidup di dalam kasih, maka ada jaminan bahwa doa-doa Anda akan efektif.
        Sekarang bagaimana dengan doa-doa Anda? Seberapa efektif doa-doa Anda? Mungkin selama ini Anda sudah bosan dengan doa-doa yang itu-itu saja dan belum ada jawabannya. Yohanes sudah memberikan kunci kepada kita bagaimana kita dapat berdoa dengan efektif dan menghasilkan buah.

Renungan:
        Tidak ada di antara kita yang tidak mempunyai kebutuhan. Bahkan permintaan kita kepada Allah kalau ditulis di atas kertas akan menyita puluhan bahkan ratusan lembar. Tuhan tidak akan terganggu dengan doa-doa kita, asal kita mau melakukan hal yang menyenangkan hati-Nya. (hw)

Menjaga hati berarti menjaga doa.


BACA JUGA RENUNGAN LAINNYA:

BERHENTI KHAWATIR!
RAHASIA DOA
RAHASIA DOA (2)
3 SEBAB PENDERITAAN
4 POIN PERENUNGAN
ALLAH KEKUATAN KITA
ALLAH YANG PENUH PERHATIAN
ALLAH YANG TAK TERTANDINGI
ANDA PUNYA PEMBELA
BELAJAR DARI KETEKUNAN AYUB
BERSUKACITA DI TENGAH MASALAH
BERTARUNGLAH SAMPAI MENANG
DOA YANG PEDULI ORANG LAIN
FUNGSI SYAFAAT
DUA SYARAT DIBERKATI
FIRMAN + IMAN = MUKJIZAT
GUNUNG BATU KITA
INDAHNYA RENCANA ALLAH
JADILAH TENANG DAN BERDOALAH!
JANGAN BATASI KUASA ALLAH!
KRISTUS ADALAH JAWABAN
LIDAH ANDA MEMPUNYAI KEKUATAN
TUHAN DAPAT MEMAKAI ANDA
RITUAL DOA
TAKDIR DIBERKATI
BERDOA DAN BERNYANYI
DOA YANG TERHALANG
IBLIS KEOK, COY!
KARENA DARAHNYA
TIDAK KHAWATIR

Post a Comment for "RAHASIA DOA (2)"