Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Raket

TUHAN DAPAT MEMAKAI ANDA

Keluaran 4:1-17; Kisah 2:41

“TUHAN berfirman kepadanya: "Apakah yang di tanganmu itu?" Jawab Musa: "Tongkat." Firman TUHAN: "Lemparkanlah itu ke tanah." Dan ketika dilemparkannya ke tanah, maka tongkat itu menjadi ular, sehingga Musa lari meninggalkannya” (Keluaran 4:2, 3).

        Tuhan dapat memakai apa saja dalam hidup kita untuk menjadi alat-Nya. Musa yang merasa tidak berdaya sangat ketakutan memimpin bangsa yang besar. Tetapi Tuhan dapat memakai apa saja untuk meneguhkan bahwa Dia yang memang memilih Musa untuk memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir. Dan medium yang Tuhan pakai saat itu adalah tongkat Musa. Tongkat Musa tidaklah terbuat dari emas atau dihiasi dengan berlian dan batu-batu mulia. Tongkat Musa biasa saja dan tidak ada sesuatu yang istimewa. Tetapi tongkat ini menjadi istimewa ketika Allah menyuruh Musa melemparkannya lalu berubah bentuk menjadi ular.

        Dalam sejarah gereja, kita melihat orang-orang yang bukan terpelajar dipakai oleh Tuhan. Petrus misalnya. Dia hanyalah seorang nelayan yang tidak mengenyam pendidikan yang tinggi. Kemampuan teologianya juga pas-pasan, atau bahkan saya ragu kalau ia mengerti apa ‘teologia’ itu. Namun sekali berkhotbah 3000 jiwa diselamatkan (Kisah Para Rasul 2:41).
        Atau kalau Anda tahu Smith Wigglesworth, Anda juga akan dibuat kagum bagaimana Allah memakai pria yang tidak terpelajar dari Bradford ini dengan cara yang luar biasa. Sejak usia 7 tahun dia sudah harus bekerja 12 jam sehari untuk menyokong keuangan keluarganya. Menurut laporan ada 16 orang mati dibangkitkan selama pelayanannya, dan itu belum terhitung orang-orang sakit yang didoakan dan menjadi sembuh.
        Bagaimana dengan kita? Setidak-tidaknya Anda mengenyam pendidikan SD, SMP, SMU, atau bahkan di antara pembaca pasti banyak yang sarjana bahkan sampai bergelar doktor. Tetapi toh masih saja kita merasa Allah tidak dapat memakai kita. Masih saja kita menuduh bahwa Allah tidak dapat berbuat apa-apa terhadap ketidakmampuan Anda. Ingatlah, Allah dapat memakai tongkat Musa,  maka Ia juga dapat memakai apa saja yang ada pada diri kita.
        Yang penting sekarang adalah kerinduan dan kemauan untuk dipakai Tuhan. Kita harus bertindak dengan apa saja yang Tuhan taruh dalam hidup kita, maka Tuhan pasti akan menyertai dan melakukan tanda-tanda heran melalui hidup kita.

Renungan:
        Tidak sukar bagi Allah untuk memakai Anda, selama Anda mau dan merendahkan hati Anda di hadapanNya. Justru Tuhan sukar memakai orang terpelajar yang sok pintar. Orang seperti ini tidak Tuhan butuhkan. Ia membutuhkan orang-orang yang tidak berdaya yang mengandalkan kemampuan Allah.

Tuhan memakai orang sederhana untuk melakukan perbuatan yang luar biasa.
       


BACA JUGA RENUNGAN LAINNYA:

BERHENTI KHAWATIR!
RAHASIA DOA
RAHASIA DOA (2)
3 SEBAB PENDERITAAN
4 POIN PERENUNGAN
ALLAH KEKUATAN KITA
ALLAH YANG PENUH PERHATIAN
ALLAH YANG TAK TERTANDINGI
ANDA PUNYA PEMBELA
BELAJAR DARI KETEKUNAN AYUB
BERSUKACITA DI TENGAH MASALAH
BERTARUNGLAH SAMPAI MENANG
DOA YANG PEDULI ORANG LAIN
FUNGSI SYAFAAT
DUA SYARAT DIBERKATI
FIRMAN + IMAN = MUKJIZAT
GUNUNG BATU KITA
INDAHNYA RENCANA ALLAH
JADILAH TENANG DAN BERDOALAH!
JANGAN BATASI KUASA ALLAH!
KRISTUS ADALAH JAWABAN
LIDAH ANDA MEMPUNYAI KEKUATAN
TUHAN DAPAT MEMAKAI ANDA
RITUAL DOA
TAKDIR DIBERKATI
BERDOA DAN BERNYANYI
DOA YANG TERHALANG
IBLIS KEOK, COY!
KARENA DARAHNYA
TIDAK KHAWATIR

Post a Comment for "TUHAN DAPAT MEMAKAI ANDA"