Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Raket

FUNGSI SYAFAAT

Keluaran 17:8-16; 2 Tesalonika 3:1

“Dan terjadilah, apabila Musa mengangkat tangannya, lebih kuatlah Israel, tetapi apabila ia menurunkan tangannya, lebih kuatlah Amalek” (Keluaran 17:11).


        Dalam sebuah peperangan ada beberapa unsur yang saling bekerja sama untuk mencapai kemenangan. Misalnya tim intelijen yang memberikan data dan informasi. Lalu ada tim pemasok bahan makanan. Lalu yang pasti ada tim penyerang. Semuanya bekerja sama untuk mencapai kemenangan. Dalam peperangan antara orang Israel melawan orang Amalek : Yosua, Musa, dan Harun, bekerja sama untuk mencapai kemenangan. Apakah peran Musa? Dia berdiri di puncak bukit sambil mengangkat tangannya. Seberapa besar pengaruh tangan terangkat? Besar sekali dan bahkan menentukan menang dan kalahnya orang Israel. Dan Alkitab berkata, apabila tangan itu terangkat maka tentara Israel berada “di atas angin”, tetapi sebaliknya, apabila tangan diturunkan, maka musuhlah yang berada “di atas angin”.  Hur dan Harun berada di sana untuk membantu mengangkat tangan Musa dan tentara Israel yang dipimpin Yosua berhasil meraih kemenangan.
        Saudara, saya melihat kebenaran bahwa peran Musa, Harun, dan Hur tidaklah bisa dianggap remeh. Dalam gereja dia melambangkan orang-orang yang berdoa syafaat. Seorang pendeta yang tidak didukung oleh pendoa syafaat, maka akan terlihat peperangan yang tidak dapat ditebak kemenangannya. Dan saya yakin pendeta yang tidak didukung doa akan terlihat rapuh dan mudah dikalahkan. Peran pendoa syafaat tidak dapat dipandang remeh, meskipun akhir-akhir ini banyak pendeta yang cenderung mengandalkan kefasihan lidahnya dan popularitasnya untuk melayani Tuhan, tanpa memperhatikan siapa yang berdoa syafaat baginya. Apabila Yosua dan tentaranya berperang seorang diri tanpa dukungan Musa, Hur, dan Harun, maka tidak ada cerita kemenangan.
        Dalam sebuah keluarga istri menjadi tiang doa. Ia wajib berdoa syafaat bagi suami dan anak-anaknya. Tidaklah salah bila dikatakan bahwa istri adalah penolong suami. Anda tidak tahu peperangan yang sedang suami Anda hadapi, namun Anda tahu bagaimana Anda harus menyisihkan waktu yang banyak untuk berdoa. Suami Anda menjadi kuat apabila doa Anda juga kuat.
        Bagi pendeta dan pelayan Tuhan, jemaat merupakan tiang doa. Tidak ada misi yang berhasil tanpa doa. Dan gereja yang berdoa syafaat akan menjadi gereja yang berkemenangan.

Renungan:
        Marilah kita lebih banyak lagi berdoa. Tanpa doa tidak akan ada kemenangan yang diraih. Jadi berdoalah dan terus berdoa.

Tanpa doa tidak ada kemenangan.


BACA JUGA RENUNGAN LAINNYA:

BERHENTI KHAWATIR!
RAHASIA DOA
RAHASIA DOA (2)
3 SEBAB PENDERITAAN
4 POIN PERENUNGAN
ALLAH KEKUATAN KITA
ALLAH YANG PENUH PERHATIAN
ALLAH YANG TAK TERTANDINGI
ANDA PUNYA PEMBELA
BELAJAR DARI KETEKUNAN AYUB
BERSUKACITA DI TENGAH MASALAH
BERTARUNGLAH SAMPAI MENANG
DOA YANG PEDULI ORANG LAIN
FUNGSI SYAFAAT
DUA SYARAT DIBERKATI
FIRMAN + IMAN = MUKJIZAT
GUNUNG BATU KITA
INDAHNYA RENCANA ALLAH
JADILAH TENANG DAN BERDOALAH!
JANGAN BATASI KUASA ALLAH!
KRISTUS ADALAH JAWABAN
LIDAH ANDA MEMPUNYAI KEKUATAN
TUHAN DAPAT MEMAKAI ANDA
RITUAL DOA
TAKDIR DIBERKATI
BERDOA DAN BERNYANYI
DOA YANG TERHALANG
IBLIS KEOK, COY!
KARENA DARAHNYA
TIDAK KHAWATIR

Post a Comment for "FUNGSI SYAFAAT"